Senin, 01 Februari 2010

SWIKE KERANG









































Saat melintas di jalan Pati-Tayu tepatnya di depan asrama TNI Alugoro Kompi Senapan C Pati ada warung kecil yang sempat mencuri perhatianku. Tulisan merah terang di spanduk kuning bertuliskan SWIKE KERANG.
Wah....kayaknya baru denger ni ada swike kerang..., biasanya swike kodok ijo yang konon nggak boleh dimakan alias haram karena kodok merupakan binatang yang hidup di dua alam, wallahu a'lam sampai sekarang alhamdulillah belum pernah makan yang namanya swike kodok ijo.
Tak terasa kendaraanku sudah melaju menuju arah Wedarijaksa...ah....kayaknya perlu dicoba tu swike kerang, dan akupun putar balik...dan parkir di sebelah kanan warung sederhana dengan bilik kayu itu.
Setiap aku masuk warung makan biasanya lebih dulu merasakan suasana atau tepatnya aura tempat itu nyaman atau nggak, kayak paranormal aja ya...?!?! betul...ternyata meskipun sangat sederhana aku merasa nyaman dan kayak orang yang sudah pernah makan, aku pesan sama mas-mas pelayannya, swike kerang semangkok.
Di meja sudah ada sepiring sate kerang , begitu disantap....maaaakkkk....nyussss.....rasanya persis seperti dulu waktu aku masih usia taman kanak-kanak suka sekali dengan yang namanya sate kerang... lhah...swike kerang gimana rasanya..??
Ternyata, swike kerang tu...kerang darah masih ada cangkangnya, direbus dengan kuah semacam sop gitulah...dihidangkan panas-panas dengan rajangan daun sledri dan bawang goreng...hah...tapi mana nasinya?? ternyata di meja sudah ada nasi bungkus mirip nasi kucing solo, disebelahnya ada tahu goreng plus rawit, bakwan jagung dan teh hangat...alhamdulillah nikmatnya disaat cuaca mendung dan sering hujan kayak gini....pulangnya masih sempet bungkus sate kerang......

Tidak ada komentar: